Selasa, 11 Oktober 2016

PERKEMBANGAN MUSIK DI DUNIA

PERKEMBANGAN MUSIK DIDUNIA DIBAGI DALAM 5 ZAMAN, YAITU SEBAGAI BERIKUT PEMBAHASANYA.

1. ZAMAN ABAD PERTENGAHAN
Zaman abad pertengahan sejarah kebudayaan adalah zaman ntara berakhirnya Kerajaan Romawi (476 M) sampai dengan Zaman Reformasi agama Kristen oleh Marthen Luther (1572 M). Perkembangan musik pada zaman ini disebabkan oleh terjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat, yang menyebabkan penemuan - penemuan baru dalam segala bidang, termasuk dalam kebudayaan. Perubahan dalam sejarah musik adalah bhwa musik tidak lagi dititik beratkan pada kepentingan keagamaan tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi, sebagai sarana hiburan. Pelopor musik pada zaman ini adalah Gullanme Dufay dari Perancis dan Adam De La Halle dari Jerman.
2.  ZAMAN RENAINSANCE (1500 - 1600) 
Zaman Renainsance adalah zamn setelah abad pertengahan, Renainsance adalah kelahiran kembali  tingkat kebudayaan tinggi yang telah hilang pada ZAMAN ROMAWI. Musik dipelajari dengan ciri - ciri khusus, contoh nyanyian percintaan, nyanyin perwiraan. Sebaliknya musik gerejan mengalami kemunduran. pada zaman ini alat musik PIANO dan ORGAN sudah dikenal, sehingga munculah MUSIK INSTRUMENTAL. Berikutnya di Florence, Italy berkembang SENI OPERA. OPERA adalah sandiwara dengan iringan musik disertai oleh para penyanyinya. Komponis - Komponis pada zaman ini adalah Giovanni Gabrieli dari Italia (1557 - 1612), Galilei dari Italia (1533 - 1591), Claudio Monteverdi dari Venesia (1567 - 1643), dan Jean Baptiste Lully dri Perancis (1632 - 1687).
3. ZAMAN BAROK DAN ROKOKO
Kemajuan musik pada zaman ini ditandai dengan munculnya aliran - aliran musik bru, diantaranya adalah aliran BAROK DAN ROKOK. Kedua aliran ini hampir sama sifatnya, yaitu adnya pemakaian ORNAMENTIK (Hiasan Musik). Perbedaanya adalah bahwa musik barok memakai ornamentik yang diserahkan pada IMPROVISASI spontan oleh pemain, sedangkan pada musik rokoko semua hiasan ornamentik dicatat. Komponis - komponis pada zaman ini adalah Johan Sebastian Bach dari Jerman dan George Fedrick Haendel dari Jerman.
4. ZAMAN KLASIK (1750 - 1820)
Berikut adalah ciri - ciri musik pada zaman klasik :
  •  Penggunaan dinamika dari keras menjadi lembut, CRASSENDO DAN DECRASSENDO
  • Perubahan tempo dengan ACCELERENDO (semakin cepat) dan RITARTAENDO (semakin lembut) 
  • Pemakaian ORNAMENTIK dibatasi 
  • Penggunaan ACCODR 3 nada 

Komponis - komponis pada zamn ini adalah Frans Joseph Haydn dari Australia dan Wolfgang Amandeus Mozart.
5. ZAMAN ROMANTIC (1820 - 1900)
Musik romantic sangat mementingkan perasaan yang subyektif. Musik bukan saja dipergunakan untuk mencapai keindahan nada - nada, akan tetapi digunakan untuk mengungkapkan perasaan, oleh karena itu dinamika dan tempo banyak dipakai. Komponis - komponis pada zaman ini adalah Ludwig Von Bethoven dari Jerman, Franz Peter Schubert dari Wina, Francois Fredrick Chopin dari Polandia, Robert Alexander Schumann dari Jerman, dan Johanes Brahms dari Jerman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar