Selasa, 01 November 2016

GRUP BAND DI INDONESIA (KOTAK BAND)

Kotak (saat ini Kikan x Kotak) adalah band beraliran rock yang terbentuk dari ajang The Dream Band pada tahun 2004. Kotak terbentuk tanggal 27 September 2004 dalam acara The Dream Band tahun 2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser. Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis. Audisi tersebut cukup mendapatkan respons dari musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Sebanyak 400 orang vokalis, 170 bassist, ratusan gitaris, dan ratusan drummer menjejali tempat audisi. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah 2 vokalis, 2 bassist, 3 gitaris, dan 2 drummer. Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan "Lima" yang personelnya lima orang. Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik. Lalu mereka merilis single pertama mereka berjudul "Sendiri" pada album The Dream Band 'Delapan'. 
Formasi band Kotak saat itu bukan seperti yang ada sekarang. Formasi grup band Kotak pertama kali diisi oleh Cella (Gitar), Icez (Bass), Pare (Vokal), dan Posan (Drum). Mereka kemudian merilis album pertama berjudul Kotak di bawah naungan label HMR. Lagu-lagu debutnya dalam album tersebut antara lain "Hilang", "Terbang (Khayal)", "Kau Pilih Dia", "Damai Hati" dan "Saat Kau Jauh". Pada bulan November 2012 Kotak meluncurkan sebuah album kompilsai terbik yang diberi judul Terbik. Album ini hanya dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia. Album ini memuat sembilan single pilihan dari dua album studio sebelumnya, ditambah empat lagu terbaru "Hijaukan Bumi", "I Love You", "Kecuali Kamu" dan "Jet Lag".
2013 : - Pemain Bass Favorit 'Chua Kotak' (Sctv Music Awards)
- Artis Duo/Grup Rock Terbaik 'Kecuali Kamu' (AMI Awards)
- Best Rock Band (Sahabat Music Awards-Hong Kong)
- Best Rock (Reade's Poll Music Awards)

2014 : - Persembahan Album Terbaik 'NEVER DIES' (Harmonic Rock)
- Pemain Bass Favorit 'Chua Kotak' (Sctv Music Awards)
- Grup Band yang banyak dapat respon dan dibicarakan secara positif (Sosial Media Awards)
- Best Rock (Reade's Poll Music Awards)

2015 : - 4 Multi Platinum Atas Penjualan Album Sebanyak 120.000 dalam jangka 1 Bulan 'ROCK N LOVE (KFC)
- Pemain Bass Favorit 'Chua Kotak' (Sctv Music Awards)
- Artis Duo/Grup Rock Terbaik 'Satu Indonesia', Album Rock Terbaik 'NEVER DIES', Produser Album Rekaman Terbaik (AMI Awards)
- Best Rock (Reade's Poll Music Awards)
- Grup Band yang banyak dapat respon dan dibicarakan secara positif (Sosial Media Awards)

2016 : - Grup Band Rock Terbaik (Jawa Pos Awards)

Image result for kotak band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar